News Bog

Witing tresna jalaran saka kana

Bisnis

5 Strategi Promosi Untuk Brand Awareness Yang Sering Dilakukan

Bagi para pemilik usaha, meningkatkan brand awareness bukanlah hal yang mudah dilakukan. Agar dapat diterima dengan baik, pemilik usaha harus memiliki strategi promosi untuk brand awareness produk-produk yang dimilikinya. Dengan begitu, brand kalian bisa diakui dan diterima oleh masyarakat luas.

Bagaimana meningkatkan brand awareness di masyarakat?

Brand awareness sama pentingnya dengan sebuah reputasi yang perlu dibangun sejak awal berkarir. Jika reputasi kalian bagus maka kalian akan mendapat lebih banyak kepercayaan.  Oleh sebab itu, untuk meningkatkan brand awareness maka kalian harus pintar dalam melakukan promosi. Jika tertarik, berikut beberapa langkah yang bisa kalian lakukan.

Melakukan promosi baik online maupun offline

Di zaman serba digital seperti sekarang, banyak pengusaha yang fokus menggarap promosi secara online. Padahal, sebenarnya baik promosi secara online maupun offline sama pentingnya sehingga kalian tidak bisa mengabaikan dua hal tersebut. Bahkan, berbagai perusahaan besar dan juga startup terkemuka masih melakukan promosi secara offline terutama di kota-kota besar.

Agar berjalan baik, gunakan perpaduan promosi online dan offline secara berimbang dan efektif. Manfaatkan berbagai media baru yang unik seperti menggunakan videotron di berbagai tempat strategis dan media sosial untuk media promosi. Dengan cara itu, brand kalian bisa lebih dikenal publik berkat promosi offline yang lebih up to date.

Gunakan bahasa yang menarik

Pemilihan kata tentu memiliki dampak yang sangat besar terhadap promosi sebuah brand baik secara online maupun offline. Semakin sederhana, singkat dan menarik kalimat yang digunakan untuk promosi maka brand tersebut akan semakin diingat publik. Bahkan, hingga saat ini banyak slogan-slogan brand terkemuka yang masih melekat kuat di masyarakat.

Jika kalian ingin memaksimalkan promosi secara online, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa copywriters. Seorang copywriter akan membantu mempromosikan sebuah brand dalam narasi yang menarik dan enak untuk dibaca. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mengenal sekaligus membangun kepercayaan dengan brand tersebut.

Pilih jasa influencer atau brand ambasador yang tepat

Menggunakan jasa influencer atau public figure sebagai brand ambasador merupakan hal yang lumrah dilakukan. Banyak brand terkemuka yang tidak ragu-ragu mengeluarkan dana besar untuk merekrut mereka. Ketenaran atau kepopuleran seorang influencer atau artis tidak serta merta menjamin peningkatan brand awareness suatu produk atau jasa.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih influencer yang memiliki visi misi atau pandangan serupa dengan brand kalian. Tidak hanya itu, pastikan influencer tersebut memiliki pengaruh yang kuat pada target konsumen brand kalian serta bebas dari berita miring. Sebab, jika influencer tersebut terkena berita buruk maka brand kalian juga bisa terkena dampaknya.

Berikan konten-konten yang menarik

Untuk membangun brand awareness memang tidak bisa dilakukan tanpa menghadirkan konten dengan tema menarik. Di zaman sekarang, isi konten akan sangat berpengaruh terhadap reputasi sebuah brand. Konsumen, terutama anak muda saat ini tidak hanya fokus pada kualitas yang ditawarkan sebuah brand tapi juga value dari brand itu sendiri.

Bahkan, tidak jarang ada sebuah brand yang reputasinya turun karena memiliki konten yang sifatnya sensitif atau menyinggung.  Jika kalian mampu menghadirkan konten yang tidak hanya kreatif tapi juga aware terhadap berbagai isu-isu terkini maka brand tersebut akan semakin mendapat tempat di hati masyarakat terutama kalangan milenial berusia muda.

Kolaborasi dengan pihak lain

Saat ini melakukan kolaborasi dengan berbagai brand ternama adalah hal yang lazim. Selain untuk meningkatkan penjualan produk, langkah ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan reputasi brand. Dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain yang memiliki pengaruh dan reputasi yang bagus maka secara tidak langsung brand kalian bisa ikut mendapat reputasi positif.

Berikut beberapa contoh strategi promosi untuk brand awareness yang bisa kalian coba. Meskipun terlihat sulit namun jika reputasi yang brand kalian miliki sudah terbentuk maka akan tercipta sebuah kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggan. Jika hal ini sudah terbentuk maka produk kalian akan lebih mudah diterima oleh masyarakat luas. Baca artikel menarik lainnya di PPDB Kepri.

Leave a Reply