News Bog

Witing tresna jalaran saka kana

Bisnis

Cara Memilih Kalkulator Akuntansi dengan Mudah

Akuntansi merupakan bidang ilmu yang mempunyai banyak sekali perhitungan. Oleh karena itu, saat Anda mempelajari ilmu tersebut, memiliki kalkulator akuntansi yang terbaik merupakan suatu keharusan.

Namun, dalam mencari kalkulator untuk kebutuhan akuntansi dan pembukuan, dibutuhkan alat yang punya akurasi yang baik. Tujuannya agar perhitungan yang dilakukan dapat dilakukan secara cepat serta akurat.

Selain itu, masih ada berbagai hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam mencari kalkulator untuk akuntansi. Untuk mendapatkan kalkulator terbaik, Anda bisa melihat beberapa poin penting di bawah ini.

Cara Memilih Kalkulator Akuntansi Terbaik

Mendapatkan kalkulator terbaik untuk belajar akuntansi tentu merupakan hal yang penting. Dengan begitu, perhitungan yang Anda lakukan dapat berjalan dengan waktu cepat dan juga hasilnya tepat.

Untuk itu, Anda tidak boleh sebarangan dalam membeli kalkulator tersebut. Nah, agar Anda mendapatkan kalkulator yang tepat untuk akuntansi, berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan.

1. Pilihlah Kalkulator Khusus Finance

Pada saat mencari kalkulator di pasaran, pastinya ada banyak sekali macamnya. Dalam hal ini, Anda sedang mencari kalkulator untuk perhitungan akuntansi, maka sudah seharusnya Anda membeli kalkulator khusus finance.

Kalkulator finance secara khusus mempunyai fitur untuk membantu dalam perhitungan transaksi secara besar. Selain itu, ada juga tombol 00 dan 000 untuk memudahkan dalam menghitung uang dengan cepat.

Seperti diketahui, pada umumnya akuntansi banyak melakukan perhitungan uang. Jadi, adanya tombol 00 ataupun 000 dapat mempercepat saat Anda membutuhkan untuk input uang dalam jumlah besar.

2. Pilih Kalkulator Seukuran Telapak Tangan

Kalkulator mempunyai cukup banyak ukuran, mulai dari ukuran kecil sampai dengan ukuran besar. Atas dasar kenyamanan saat menggunakan, Anda dapat memilih jenis kalkulator dengan ukuran yang seukuran dengan telapak tangan.

Memilih jenis kalkulator dengan ukuran sebesar telapak tangan dapat membuat Anda lebih mudah saat hendak input angka. Dengan begitu, proses perhitungan akuntansi yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa mengalami kendala berarti.

3. Perhatikan Ukuran dan Jarak Tombol

Poin penting berikutnya dalam mencari kalkulator akuntansi yang tepat adalah perhatikan jarak dan ukuran antar tombol. Hal ini sangat penting karena berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat menekan tombolnya.

Jarak tombol yang terlalu berdekatan tentu akan membuat Anda lebih berpotensi membuat kesalahan pencet. Untuk mencegah hal itu, pilihlah kalkulator yang mempunyai ukuran tombol besar dan punya jarak lebar antar tombol.

Komposisi tombol dengan jarak dan ukuran tersebut tentu membuat Anda lebih mudah untuk menekan tombol yang tepat. Dengan begitu, potensi terjadinya kesalahan ketik yang fatal dapat terhindarkan.

4. Pilih Kalkulator Minimal 10 Digit

Point terakhir yang dapat diterapkan saat Anda mencari kalkulator akuntansi adalah pilihlah kalkulator yang mempunyai minimal 10 digit. Untuk hasil yang lebih optimal lagi, Anda dapat memilih kalkulator dengan 12 digit atau lebih.

Seperti diketahui, dalam proses perhitungan akuntansi ataupun pembukuan, umumnya hasil hitungannya besar. Jadi, apabila digit pada kalkulator terlalu sedikit, maka itu bisa membuat kinerja perhitungan menjadi lambat.

Berdasarkan hal tersebut, sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang belajar akuntansi untuk menggunakan kalkulator dengan 12 digit angka. Dengan begitu, pekerjaan akuntansi yang dilakukan bisa berjalan lebih efisien.

Itulah tadi pembahasan tentang cara memilih kalkulator akuntansi yang terbaik. Selain informasi di atas, Anda juga dapat mencari berbagai pengetahuan lain seputar akuntansi, ekonomi, pengetahuan umum, materi IPA, dan materi IPS di situs GuruAkuntansi.co.id.

Leave a Reply