Review Kamera DSLR Pentax KP yang Keren Abis

Kamera DSLR yang diberi nama Pentax KP ini, hadir demi memenuhi kebutuhan para penyuka fotografer outdoor. Seperti kamera otdoor lainnya, kamera Pentax terbaru ini dibekali dengan fitur-fitur yang membuatnya tahan cuaca ekstrem, seperti tahan terhadap suhu minus 10 derajat celsius, tahan benturan dan tahan debu. Kamera DSLR ini hadir untuk melengkapi deretan kamera DSLR Pentax yang tahan air lainnya seperti Pentax K1 dan K3.

Pentax Kp Kamera Dslr Bergaya Retro

Fitur Beragam dan Canggih

Sementara itu, spesifikasi teknologi yang diusung kamera outdoor terbaru ini tak berbeda jauh dengan kamera Pentax K3. Pentax membekali kamera ini dengan sensor CMOS beresolusi 24 megapiksel yang didukung dengan fitur 5-axis Shake Reduction II System.

Teknologi ini membuat kamera mampu mencapai bentangan ISO hingga ISO 819200. Dengan bentangan ISO sangat lebar seperti ini, bisa dipastikan memotret di dalam kondisi kurang cahaya bukanlah suatu masalah bagi kamera ini.

Beberapa fitur built-in shake reduction yang ada di kamera Pentax seri K1 dan K3 juga bisa ditemukan di Pentax terbaru ini. Fitur tersebut seperti Astro Tracer, AA Filter Simulation dan Pixel Shift Resolution System.

Fitur Astro Tracer digunakan untuk melacak posisi bintang sehingga kamera bisa mengikuti pergerakan bintang meski merekamnya menggunakan long shutter speed. Sedangkan fitur AA Filter Simulation dan Pixel Shift Resolution System bermanfaat melenyapkan moire dan membuat foto lebih tajam.

Kecepatan shutter speed kamera outdoor ini memang tak beguti cepat hanya sekitar 1/6000 detik saja. Namun, dengan dukungan fitur electronic shutter, kamera bisa menangkap gambar dengan kecepatan maksimum hingga 1/24000 detik.

Sayangnya, kamera ini tidak selengkap kamera Pentax lainnya seperti Pentax K3 II atau Pentax K1. Pentax seri KP tidak memiliki layar LCD di atas kamera, minus headphone jack, minus tombol AF/AE serta memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil daripada kamera Pentax lainnya.

Pentax KP, DSLR Berdesain Retro

Dari segi desain, kamera Pentax terbaru ini mengusung desain kamera retro layaknya kamera mirrorless zaman sekarang. Bodinya jauh lebih tipis daripada kamera DSLR di kelasnya dengan berat yang hanya sekitar 640 gram saja.

Uniknya, kamera ini menyediakan tiga pilihan ukuran pegangan (grip) yakni S, M dan L. Pengguna bisa memilih ukuran pegangan yang sesuai dengan gaya memotret mereka. Jika ingin menggunakan lensa telefoto, pengguna bisa menambahkan battery grip terbaru demi mendapatkan keseimbangan yang lebih baik.

Memotret menggunakan Pentax KP kini lebih menyenangkan berkat hadirnya layar LCD yang bisa ditekuk, fitur perekaman video Full HD serta built-in WiFi. Kamera yang dirilis secara resmi pada bulan Februari 2017 yang lalu ini, dijual di pasaran Amerika dengan harga 14,7 jutaan rupiah.

Produk Pentax di Indonesia memang kurang begitu diminati, tapi kalau Anda suka tampil beda dan berani melawan arus, maka kamera ini bisa menjadi teman yang tepat untuk hobi fotografi outdoor Anda sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *