News Bog

Witing tresna jalaran saka kana

Bisnis

5 Macam Asuransi Mobil Beserta Fungsinya

Tak ada yang tahu tentang masa depan. Oleh sebab itu, asuransi perlu dimiliki untuk mendapatkan perlindungan dari sesuatu yang tidak diinginkan. Salah satu yang perlu diasuransikan adalah mobil. Hal tersebut berfungsi ketika terjadi kerusakan atau kehilangan pada mobil. Berbicara tentang asuransi mobil, ternyata ada berbagai jenisnya. Berikut ini adalah macam macam asuransi mobil yang wajib diketahui.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

1. Asuransi All Risk

Jenis asuransi yang pertama adalah all risk. Maksud dari asuransi ini adalah pemberian jaminan mobil dari berbagai risiko buruk, mulai dari risiko ringan, berat, atau kehilangan. Ketika Anda membeli mobil baru, memiliki asuransi ini cukup penting. Untuk mendaftar di asuransi jenis ini, setidaknya Anda harus mempersiapkan budget sekitar 4 juta. Namun, jumlah tersebut berbeda-beda tergantung dari harga mobil.

Biaya tersebut memang terbilang cukup mahal bagi sebagian orang. Namun, tentu saja angka tersebut adalah harga sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan, terlebih ketika terjadi kerusakan parah atau kehilangan mobil. Jika Anda memiliki budget yang cukup, tidak ada salahnya memilih jenis ini. Akan tetapi, apabila masih terasa berat, Anda bisa memilih jenis lain yang lebih terjangkau.

2. Asuransi Total Loss Only

Asuransi ini sekilas hampir sama dengan jenis yang pertama, yakni memberikan perlindungan keseluruhan mobil. Akan tetapi, klaim asuransi TLO hanya khusus untuk mobil dengan kondisi kehilangan total. Arti dari kehilangan total di sini adalah mengalami kerusakan minimal 75% yang menyebabkan kendaraan tidak dapat diperbaiki. Selain itu, kehilangan karena dicuri atau dirampas juga bisa digunakan.

Akan tetapi, apabila kondisi mobil tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka klaim asuransi tidak bisa dilakukan. Secara harga, asuransi total loss only ini memang lebih terjangkau jika dibandingkan sebelumnya. Menurut beberapa sumber, untuk mendaftar asuransi ini Anda bisa memulai dengan uang 700 ribuan saja, tergantung dari merek mobil tersebut.

3. Collision Coverage

Jenis yang selanjutnya adalah collision coverage. Sesuai dengan namanya, asuransi ini berguna khusus untuk membiayai apabila mobil terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Seluruh biaya kerusakan mobil akan dibiayai secara penuh atau pada kasus tertentu akan diberikan ganti rugi senilai harga mobil. Mengenai harga tidak ada nilai yang pasti. Setiap penyedia asuransi memiliki rentang harga masing-masing.

4. Personal Injury Protection

PIP atau Personal Injury Protection akan memberikan perlindungan bagi pengemudi ketika terjadi kecelakaan saat berkendara. Tak hanya itu, ada kemungkinan penyedia asuransi akan memberi biaya tambahan untuk kompensasi atas kecelakaan tersebut. Asuransi ini wajib Anda miliki untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, terutama ketika harus melakukan perawatan dengan biaya rumah sakit mahal.

5. Liability Insurance

Jenis asuransi mobil yang terakhir adalah liability insurance. Sebenarnya jenis ini hampir sama dengan collision coverage. Keduanya sama-sama memberikan perlindungan ketika mobil terjadi kecelakaan. Akan tetapi, yang membedakan jenis ini dari sebelumnya adalah adanya jaminan tambahan. Jaminan tambahan tersebut bisa berupa biaya tagihan medis apabila terjadi cedera pada pengemudi.

Memilih Asuransi Mobil yang Terbaik

Untuk mencari asuransi mobil yang terbaik dari berbagai pilihan, Anda bisa menggunakan Lifepal atau langsung mengunjungi website https://lifepal.co.id/asuransi/mobil. Anda hanya perlu memasukkan identitas kendaraan lalu memilih mana asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain memberikan pilihan asuransi mobil, Lifepal juga menyediakan berbagai pilihan asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan terbaik saat ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan berbagai macam asuransi dalam satu tempat saja.

Leave a Reply