News Bog

Witing tresna jalaran saka kana

Tips

3 Cek Touchscreen HP Samsung dan Bagaimana Mengatasinya Dengan Mudah

Layar sentuh pada Android seperti Samsung memang sangat rentan terhadap kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Jelas ini sangat menganggu anda dalam mengoperasikan smartphone bukan. Sebelum buru-buru membawanya ke tukang servis, maka perlu cek touchscreen HP Samsung masih berfungsi dengan normal ataukah tidak.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena melakukan reparasi bagian touchscreen ini sendiri akan membutuhkan biaya tidak murah. Bahkan apabila anda salah memilih servis, besar kemungkinan akan diminta mengeluarkan ongkos cukup mahal bahkan di luar dugaan. Untuk itulah mengecek dahulu sangat penting agar mengetahui seberapa parahnya kerusakan didalamnya.

Cara Mengetahui Touchscreen Samsung Berfungsi ataukah Tidak

Ketika membeli sebuah smartphone baru, maka berbagai macam hal harus diketahui dengan seksama. Jangan hanya membeli karena model dan desainnya sangat menarik tetapi Anda justru lupa bagaimanakah spesifikasi yang dihadirkan didalamnya. Terlebih lagi apabila Anda akan membeli ponsel bekas alias second, maka terdapat hal lebih banyak yang harus diperhatikan.

Salah satunya adalah melakukan pengecekan terhadap sensitivitas dari layar ponsel itu sendiri. Sebab apabila touchscreen ternyata tidak berfungsi dengan baik, maka anda akan kesulitan buat menjalankan aplikasi ataupun software lainnya didalamnya.

Adapun penyebab mengapa bagian layar sentuh mengalami kerusakan diantaranya adalah pernah terjatuh, terkena air hingga tergores benda-benda tajam. Bagi Anda yang merupakan user dari Samsung, maka sangat penting buat memahami apakah layarnya masih berfungsi dengan normal ataukah tidak dengan menggunakan langkah-langkah berikut.

Memanfaatkan Kode Rahasia

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila setiap pabrikan ponsel akan menyematkan kode rahasia didalam seri ponsel terbaru mereka. Kode-kode tersebut biasanya digunakan mengakses menu-menu atau tugas tertentu. Termasuk buat mengakses dan mengetahui kinerja dari touchscreen pada Samsung.

Bagi pengguna ponsel pintar inipun sangat wajib buat mengetahui kode rahasia tersebut supaya apabila terjadi masalah maka dapat mengatasinya sendiri. Untuk melakukannya sendiri ternyata tidaklah sulit dilakukan bahkan untuk pengguna baru sekalipun. Langsung saja, ikuti beberapa panduan berikut ini.

  • Buka menu panggilan alias dial-up pada ponsel dan ketikkan #*#*0*#*# tekan call atau ok
  • Anda akan lang
  • sung dibawah ke menu pengujian layar alias screen test
  • Silahkan pilih beberapa metode test yang disediakan oleh Samsung. Mulai dari uji warna, sensitivitas layar, pixel dan masih banyak lagi.
  • Cara satu inipun paling mudah dilakukan karena tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lainnya.

Cek Kondisi Layar Dari HP

Selain dengan kode rahasia diatas, para pengguna juga dapat mengetesnya secara manual yakni melihat dari kondisi layarnya sendiri. Cek ini sendiri dapat dilakukan apabila cara pertama ternyata belum dapat berhasil digunakan.

Dengan mengeceknya secara fisik inilah dapat membantu buat mengetahui bagaimanakah kondisi dari smartphone yang sebenar-benarnya. Penasaran caranya? Ikuti panduan dibawah ini sekarang juga!

  • Lihat pada bagian dari ujung atau tepi layar apakah terdapat bagian yang terangkat ataukah tidak
  • Pastikan apabila layar mulus dan tidak terdapat bekas akibat terjatuh ataupun tergores
  • Posisi layarnya seharusnya berada pada posisi lurus dan tidak terangkat ataupun terdapat embun
  • Cobalah lepas bagian dari pelindung screen buat memastikan apabila layarnya berada pada posisi sempurna
  • Cek apakah terdapat garis ataukah tidak pada LCDnya dan jangan sampai terdapat retakan walaupun kecil.

Manfaatkan Aplikasi Tambahan

Masih penasaran dengan kinerja dari touchscreen alias layar sentuh dari smartphone? Nah, anda bisa langsung menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan dibawah ini dimana bisa langsung diunduh secara gratis melalui ponsel Samsung. Masing-masing apk mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Screen Test Pro

Pilihan pertama adalah Screen Test Pro ini dimana dapat langsung diunduh melalui Playstore secara gratis pada Samsung. Walaupun tergolong sebagai software baru, tetapi jumalh penggunanya sudah mencapai jutaan. Bahkan sudah menjadi andalan buat sebagian besar pengguna Samsung.

Melalui aplikasi inilah akan diberikan gambaran secara umum sekaligus detail mengenai LCD dari ponsel. Biasanya juga disajikan dalam bentuk beberapa informasi seperti kerapatan layar, piksel, resolusi hingga besaran DPI dan masih banyak lagi. Kelebihan lainnya yakni bisa membantu melakukan deteksi rendering warna.

Mutitouch Tester

Opsi apk lainnya dimana bisa langsung diunduh juga adalah multitouch tester ini dimana juga dapat membantu mengetahui berapa banyaknya jari ataupun sentuhan yang dapat diakomodir oleh LDC smartphone.

Cara menggunakannya sendiri sangat mudah yakni user bisa langsung menyentuh bagian layarnya satu per satu. Menariknya lagi, aplikasi inipun dapat mencatat berapa banyakkah jari dimana dapat menyentuh ikon lingkaran pada LCDnya.

Apabila sentuhannya tidak muncul maka sebanyak itulah sensitivitas dari sentuhan dimiliki oleh smartphone. Sentuhan sempurna adalah dari 10 jari sekaligus.

Touchscreen Test

Pilihan aplikasi terakhir adalah touchscreen test ini dimana sangat membantu pengguna apabila ingin mencari dead zone ataukah area dimana bagian sentuhannya tidak dapat terdeteksi. Didalamnya sendiri menyediakan canvas kosong dimana pengguna bisa bebas menggambar ataupun menulis.

Melalui gambaran ataupun tulisan itulah, maka pengguna bisa melakukan pengecekan bagian ponsel mana sajakah yang mengalami kerusakan tersebut. keberadaan apk inipun ternyata juga sangat ringan dan sederhana sehingga sangat mudah dipahami oleh para penggunanya.

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Baik

Sebelum memutuskan buat membawanya ke tukang service ponsel untuk melakukan perbaikan touchscreen, maka Anda harus mencoba beberapa cara dibawah ini terlebih dahulu. Adapun caranya sendiri sangat mudah buat diterapkan loh. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

Restart HP

Langkah pertama yang bisa digunakan adalah dengan melakukan restart pada ponsel dimana paling mudah dan efektif. Dengan melakukan restart inilah maka akan mematikan semua fungsi dari ponsel sekaligus dapat merefresh layanan background didalamnya. Dimana kemungkinan saja mengalami crash ataupun menyebabkan berbagai macam masalah didalamnya.

Masuk Ke Safe Mode

Adapun cara lainnya yang bisa diterapkan adalah masuk ke safe mode pada ponsel dimana tanpa bantuan aplikasi tambahan. Terlebih lagi apabila bagian layar sentuhnya sudah tak berfungsi sama sekali maka bisa langsung masuk ke safe mode.

Sama seperti pada ponsel lainnya, untuk masuk safe mode Samsung maka bisa langsung menekan dan tahan tombol power bersamaan dengan volume atas.

Cobalah Lepas Pelindung Layar

Sekarang ini memang banyak pengguna smartphone dimana menggunakan pelindung layar alias screen protector untuk memberikan keamanan lebih. Ternyata panel plastic inipun juga dapat menjadi penghalang sinyal sentuhan tidak dapat mencapai display. Itulah sebabnya, cobalah lepaskan bagian satu ini.

Melakukan Pengujian Layar

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengujian layar terlebih dahulu. Tenang saja! Untuk prosesnya sendiri bisa langsung mengikuti tutorial diatas dimana sudah kami sampaikan sebelumnya.

Apabila ternyata cara diatas masih belum berhasil juga, maka dapat segera dibawah ke tempat servis sekarang juga. Segera ketahui bagaimanakah cek touchscreen HP Samsung dengan benar dan tepat.

Leave a Reply