News Bog

Witing tresna jalaran saka kana

Gaya Hidup

Newbie, Ingin Belanja via Online, Ikutilah Cara Belanja Online di Sini!

Indonesia masih dirundung duka dengan adanya pandemi yang belum berakhir. Ini berarti kita harus tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, memakai masker, dan menjauhi kerumunan. Semuanya serba online, seperti belajar, dan bekerja. Bahkan disarankan juga belanja online. Lalu, bagaimanakah jika sebagian orang tidak tahu cara belanja online?

Bagi kalian yang tidak tahu cara belanja online, tenang, di sini ada solusinya. Di bawah ini ada beberapa cara belanja online bagi kaum newbie. Jadi, yuk kaum newbie simak caranya.

Cara Belanja Online bagi Kaum Newbie

Tren belanja online dengan cara yang mudah

1. Pilih E- Commerce

Cara pertama yang harus kalian lakukan dalam belanja online adalah pilih e- commerce sesuai selera. Di Indonesia ada banyak e – commerce yang memudahkan masyarakatnya untuk belanja online. Kemudian, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, sehingga masyarakat tertarik untuk belanja online di e- commerce tersebut.

Agar kalian bisa memilih e – commerce yang tepat sesuai keinginan, kalian harus mencari informasi tentang e – commercenya. apakah e – commerce tersebut berkualitas apa tidak. Ini bisa dilihat dari produk yang dijual dan komentar – komentar orang yang sudah pernah membeli produk di e –commerce tersebut. Jika sudah punya pilihan, download aplikasinya.

2. Membuat Akun

Setelah memilih e – commerce dan mendownload aplikasinya, cara selanjutnya adalah membuat akun. Di sini kalian bisa klik tombol daftar pada aplikasi. Kemudian, kalian harus isi email, dan password untuk bisa login. Setelah itu, kalian harus mengisi data diri, mulai dari nama, nomor handphone, dan alamat, dan harus yang valid.

Membuat akun dan mengisi data diri sangat penting untuk memudahkan kalian melakukan transaksi. Jadi, ecommerce tahu ke siapa dan ke mana produk yang dipesan dikirim. Selain itu, nomor handphone yang kalian cantumkan memudahkan kurir untuk menghubungi kalian.

3. Pilih Toko Online yang Tepat

Selanjutnya, kalian langsung bisa memilih toko online di e – commerce tersebut. Di e – commerce tentu banyak toko online. Nah, kalian harus cerdas untuk memilih toko online yang berkualitas, yang menjual harga berkualitas, dengan harga bersaing. Dan yang paling penting pilih toko yang menjual produk sesuai kebutuhanmu.

Seperti cara memilih e – commerce, kalian juga harus melihat ulasan – ulasan tentang toko online. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melihat komentar pembeli tentang toko online tersebut, produk yang dijual, dan pelayanannya.

4. Membeli Produk

Setelah memilih toko online, kalian bisa belanja produk yang diperlukan. Caranya, kalian pilih produk, dan klik tombol beli atau pesan sekarang, ada di bagian bawah aplikasi. Lalu, kalian bisa menentukan jumlah, ukuran, warna yang kalian inginkan. Ukuran dan warna bisa dipilih jika kalian membeli sepatu atau baju. Terakhir, klik beli.

5. Melakukan Transaksi Pembayaran

Setelah melakukan proses pembelian, pihak e – commerce akan mengirim beberapa kode yang dapat digunakan untuk pembayaran. Kalian bisa melakukan pembayaran via ATM, Mobile Banking, kartu kredit, kartu debit, atau minimarket. Dan seiring berjalannya waktu, beberapa e –commerce memberlakukan sistem COD. Jadi kalian bisa membayar di rumah, jika produknya sudah sampai.

6. Periksa Paket

Yang terakhir dan paling ditunggu – tunggu adalah membuka paketnya. Ini dilakukan agar kalian bisa mengecek produk yang kalian pesan sesuai dengan yang dikirim. Jika sesuai dan kalian suka, berilah komentar yang baik pada toko tersebut. Jika tidak sesuai, kalian bisa melakukan retur atau pengembalian, tetapi harus sesuai kebijakan e – commerce.

Dari artikel ini, mudah bukan untuk belanja online? Dijamin kalian akan ketagihan untuk belanja online setelah mencobanya.

Leave a Reply