5 Penerapan Pola Hidup Sehat Menurunkan Resiko Penyakit Kanker serviks

Kanker serviks memang masuk dalam kategori penyakit serius dan dapat menyebabkan kematian bagi pengidapnya. Kanker ini menyerang para wanita di daerah mulut rahim atau sering disebut serviks. Sayangnya, tidak semua wanita sadar keberadaannya sejak awal, banyak kasus diagnosa yang sudah stadium lanjut.

Anda bisa menurunkan resikonya dengan memulai pola hidup lebih sehat. Mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk dalam keseharian yang merusak kesehatan. Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar terhindar dari kanker serviks.

Pola Hidup Sehat Mencegah Kanker Serviks

1. Lakukan deteksi dini secara rutin

Diagnosa stadium akhir yang banyak dialami pasien salah satunya akibat deteksi yang terlambat. Anda bisa mulai mendeteksi keberadaan kanker serviks secara rutin dengan melakukan pemeriksaan tes Human Papilloma Virus (HPV) dan Pap-smear. Hal ini akan memberikan pengetahuan kepada dokter dan pasien terkait perubahan serviks yang cenderung tidak normal.

Saran yang diberikan untuk melakukan Pap-smear bagi para wanita dengan rentan usia 21 s.d 29 tahun adalah satu kali dalam 3 tahun. Sementara usia kepala tiga sebaiknya melakukan HPV dan Pap-Smear lima tahun sekali.

2. Aktivitas seksual

Faktor utama yang meningkatkan resiko kanker serviks adakah infeksii HPV. Aktivitas seksual yang rentan terhadap infeksi HPV tidak sebatas hubungan intim tetapi juga bisa dengan kontak kulit antar alat kelamin, hubungan seks oral, dan mempunyai pasangan seks lebih dari satu atau banyak. Jadi, pahami dan lakukan hubungan seks yang aman.

3. Pilih kontrasepsi yang aman

Kondom bisa mengurangi resiko terkena HPV meskipun tidak dijamin sepenuhnya. Salah satu alasannya adalah hanya menutupi bagian tertentu tidak keseluruhan area kelamin & anus. Penggunaan pil KB terlalu lama yang melebihi 10 tahun mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker serviks.

4. Perbaiki Pola makan

Pola makan sehat sangat dibutuhkan tubuh untuk selalu dalam kondisi terbaik. Perbanyak konsumsi bahan makanan seperti sayur, buah, dan zat lainnya dengan takaran seimbang. Berat badan yang berlebihan pada wanita bisa juga menjadi penyebab datangnya kanker serviks.

Makanan yang bergizi seimbang juga perlu didukung dengan olahraga rutin, ambil waktu istirahat yang cukup, dan minimalkan stres.

5. Berhenti menghisap rokok

Apabila anda seorang wanita yang merokok, maka lebih baik berusaha untuk menyudahi aktivitas tersebut. Tingkat resiko kanker serviks pada wanita yang memiliki kebiasaan menghisap rokok meningkat 2 kali lipat. Salah satu alasannya yaitu rokok bisa merusak tatanan DNA yang ada pada sel serviks.

Kelima poin tersebut dapat menjadi gambaran bagi anda tentang gaya hidup kurang sehat yang meningkatkan resiko kanker serviks sehingga harus segera diperbaiki. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk deteksi dini. Pola hidup yang baik dan sehat akan menghindarkan anda dari berbagai penyakit tidak hanya kanker serviks.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *