News Bog

Witing tresna jalaran saka kana

Kesehatan

Apa Itu Maag? Kondisi yang Sering Dianggap Sepele ala SehatQ.com

Ada berbagai macam penyakit dimana dapat menyerang sistem pencernaan seseorang. Salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun adalah maag. Penyakit ini biasanya ditandai dengan nyeri ulu hati, mual hingga merasa muntah ketika makan. Penyakit ini juga dikenal sebagai sindrom dyspepsia didalam dunia medis.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi inipun dapat menyerang siapapun kecuali ibu hamil. Walaupun demikian, gejala yang timbul akibat dari penyakit inipun ternyata juga berbeda-beda. Masih ada banyak ciri yang bisa menandai apabila anda sedang terkena maag ini. Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit ini, simak ulasan dibawah.

Pengertian Maag

Sakit maag atau dikenal dengan dyspepsia merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung dimana dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Bukan hanya itu saja, penyakit inipun ternyata juga bisa menjadi tanda atau gejala dari penyakit lainnya yang sedang menyerang seseorang. Adapun penyebab paling umumnya adalah adanya luka terbuka pada lapisan dalam lambung, infeksi bakteri hingga efek samping dari penggunaan obat anti-inflamasi.

Penyakit ini memang merupakan penyakit pada pencernaan dimana cukup mudah untuk disembuhkan. Tetapi jika menginjak kondisi yang parah dan tidak segera mendapatkan penanganan, maka kondisi bisa semakin parah bahkan dapat mengancam nyawa pasiennya. Itulah sebabnya, penyakit ini memang tidak boleh anda anggap sepele begitu saja.

Gejala-Gejala Sakit Maag

Seseorang yang terkena gangguan penyakit ini biasanya akan menunjukkan sejumlah gejala, kendati demikian, gejala-gejala yang dirasakan pasien 1 dan lainnya mungkin berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Merasa mual.
2. Cepat merasa kenyang walaupun makan sedikit dan rasa kenyang tersebut akan berlangsung dalam waktu lama.
3. Kembung pada bagian perut atas.
4. Sering bersendawa.
5. Adanya rasa nyeri pada ulu hati dan nyeri di tengah dada dimana dapat muncul ketika atau setelah makan.
6. Adanya rasa panas pada bagian perut bagian atas.
7. Selain itu, rasa panas tersebut juga bisa terjadi pada bagian dada akibat naiknya asam lambung ke dalam bagian kerongkongan.

Faktor Penyebab Risiko Gangguan Maag

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, siapapun memang mempunyai risiko buat terkena penyakit pada gangguan pencernaan ini. Tetapi ternyata terdapat sejumlah faktor dimana meningkatkan risiko buat mengalami penyakit ini. Berikut beberapa faktor penyebab risiko gangguan maag ini.

1. Seseorang yang mempunyai masalah emosional seperti kecemasan dan depresi.
2. Adanya infeksi bakteri helocobacter pylori.
3. Terlalu banyak makan dalam porsi besar.
4. Efek samping dari adanya penggunaan obat anti inflamsi nonsterod.
5. Mengalami obesitas.
6. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan minyak, lemak serta pedas.
7. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman dengan kandungan kafein maupun soda.
8. Konsumsi cokelat dalam jumlah berlebihan.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sakit Maag

Untuk membantu para dokter buat melakukan diagnosis sakit maag, dokter biasanya akan mencari tahu dahulu riwayat kesehatanmu dan melakukan pemeriksaan pada bagian perut dengan cara menekan area perut berbeda. Ini guna mengetahui apakah terdapat area perut sensitive, nyeri ketika ditekan dan nyeri dibawah tekanan.

Apabila dokter curiga jika terdapat kondisi medis tertentu yang menyebabkan sakit ini, maka mereka biasanya akan menganjurkan tes diagnostic seperti endoskopi, tes darah hingga tes untuk mendiagnosis infeksi bakteri.

Penyakit pencernaan yang satu ini memang dapat sembuh dengan mudah. Tetapi apabila tidak segera mendapatkan penanganan justru bisa memperparah kondisinya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai maag, maka direktori penyakit dari sehatq.com bisa membantu.

Leave a Reply