Gangguan Kesehatan yang Disebabkan Karena Duduk Terlalu Lama

Kebanyakan orang sekarang pasti menginginkan pekerjaan yang berlokasi di kantor, karena kebanyakan waktu kerja akan dihabiskan duduk di depan komputer aja mengerjakan pekerjaan administratif atau pekerjaan lain yang membutuhkan komputer seperti desain, penulisan artikel, dan sebagainya. Tapi, sesungguhnya terlalu banyak duduk akan menyebabkan masalah pada tubuh, karena kurangnya gerakan dan aktivitas fisik.

Saat kita duduk, otot yang bekerja hanya sedikit, mungkin hanya otot pada tangan di bagian jari, mata, dan yang paling banyak adalah otak. Nah, posisi yang seperti ini terus menyebabkan gangguan kesehatan karena duduk lama, memang terdengar sepele, tapi gangguan ini bisa menjadi awal mula datangnya penyakit lain yang lebih parah dan berat, seperti jantung, stroke, darah tinggi, dan lainnya.

Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Karena Duduk Terlalu Lama

Gangguan Yang Terjadi Karena Kelamaan Duduk

Gangguan ini akan muncul entah setelah sehari atau bahkan bisa setelah sebulan kita bekerja atau terlibat dalam aktivitas yang mengharuskan berada di posisi ini. Semua gejala kesehatan yang terlihat tergantung seberapa aktifnya kamu sebelum berada pada keadaan yang mengharuskan duduk seharian penuh, seperti saat bekerja di kantor atau menghadiri acara tertentu seperti seminar harian.

Gangguan kesehatan karena duduk lama seperti di bawah ini,

1. Bisa terkena obesitas

Duduk akan menyebabkan otot sedikit bergerak, sehingga tubuh nggak akan mengeluarkan banyak energi, hal ini akan membuat asupan gizi dari makanan yang sudah kita konsumsi akan lebih banyak disimpan daripada dipakai. Penumpukan zat penghasil energi seperti lemak dan gula-lah yang akan membawa seseorang menuju kegemukan atau obesitas.

2. Dapat mengakibatkan terkena serangan jantung dan stroke

Dengan duduk hampir seharian di depan komputer saat bekerja, peredaran darah akan sedikit terhambat, ketidaklancaran peredaran darah ini mampu membuat badan mengalami gangguan kesehatan karena duduk lama, serta nggak enak dan kaku, selain itu mampu memicu penyumbatan yang bisa menjadi cikal bakal penyakit jantung koroner dan stroke. Sebaiknya luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan otot agar sehat.

3. Mengakibatkan nyeri sendi

Terlalu banyak memperhatikan komputer dan posisi duduk yang monoton seharian mampu membuat sendi di tubuh kita kaku. Bagian leher dan tengkuk bisa sangat kaku setelah sekian lama berada pada posisi yang sama. Butuh melakukan pemanasan dan peregangan kecil untuk melenturkan kembali otot-otot yang kaku, sehingga persendian tetap sehat, terhindar dari gangguan kesehatan karena duduk lama yang satu ini.

4. Menurunkan kemampuan otak

Di saat kita melakukan pekerjaan di komputer seperti mengetik atau membuat artikel, otak kita akan otomatis bekerja dalam menentukan kata-kata. Tapi dengan duduk di posisi yang sama dalam jangka waktu lama akan membuat kerja otak makin lama semakin menurun. Dikarenakan jumlah suplai darah dan oksigen akan lebih sedikit daripada saat kita bergerak.

Sebaiknya lakukan peregangan dan olahraga teratur sebelum bekerja, agar otak dan badan bisa tetap sehat walaupun pekerjaan kita menuntut untuk selalu duduk dalam waktu lama.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *